Selasa, 10 Maret 2015

Menggunakan Power Clip Pada Corel Draw [Bagian 1]

Kali ini saya akan memberikan tutorial singkat mengenai Corel Draw. Saya akan mengajak anda belajar bagaimana menaruh gambar ke dalam sebuah objek vector dengan menggunakan Power Clip. Sebelumnya saya juga pernah menyinggung sedikit cara tersebut dalam artikel Cara Membuat Design Stempel Berbentuk Lingkaran, yaitu pada poin 6 dan 7.

Di sini sengaja saya bahas khusus mengenai Power Clip karena dalam bebrapa artikel yang akan saya buat selanjutnya juga akan menggunakan cara tersebut. Corel yang saya gunakan adalah Corel versi 13 atau yang biasa juga disebut Corel X3. Kalaupun Anda menggunakan Corel versi lain, kemungkinan perbedaannya tidak begitu banyak.
  1. Langsung saja kita buka program Corel Draw dan pilih New.
  2. Di sini kita akan coba buat objek berbentuk oval dengan Ellipse Tool lalu drag ke halaman.
  3. Tetap dalam keadaan terseleksi kita isikan warna dengan cara klik ke salah satu warna pada palette (Klik kiri untuk Fill Color, klik kanan untuk Outline Color). Hal ini hanya untuk memudahkan kita dalam melakukan Power Clip.
  4. Selanjutnya kita import sebuah foto. Masuk ke menu File > Import lalu pilih salah satu foto dari file Anda.
  5. Sesuaikan ukuran gambar dengan objek oval tetapi pastikan ukurannya tetap lebih besar dari objek oval.
  6. Kita akan memulai menggunakan Power Clip. Foto masih dalam keadaan terseleksi, kita masuk ke menu Effect > PowerClip > Place Inside Container.
  7. Kita arahkan kursor ke objek oval lalu kita klik. Hasilnya akan seperti gambar di bawahnya. Seandainya objek oval tidak terisi warna maka kita harus mengarahkan kursor tepat pada outlinenya saja.
  8. Untuk mengubah posisi foto yang sudah berada dalam objek oval tersebut kita seleksi objek oval lalu kita klik lagi sambil menekan Ctrl pada keyboard. Selanjutnya kita bisa menggeser posisi gambar, membesarkan dan mengecilkan ukurannya, ataupun memutar posisinya. (untuk memutar objek klik 2X lalu putar pada sudutnya).
  9. Setelah selesai mengatur posisi kita klik lagi pada area yang kosong (bukan pada foto) sambil tekan Ctrl. Maka akan menjadi seperti gambar di bawahnya.

Kita bisa memasukkan lebih dari satu objek atau gambar ke objek lain menggunakan Power Clip tersebut. Kita bisa menambah beberapa objek di dalamnya. Bahkan jika sudah ada satu gambar di dalamnya kita juga bisa menambahkannya dengan menggunakan copy paste.

Dalam artikel selanjutnya saya akan membahas lagi tentang penggunaan Power Clip tersebut. Tentunya pembahasannya tidak akan sama dengan artikel ini.


Semoga artikel mengenai cara menggunakan Power Clip pada Corel Draw tersebut bisa memberi manfaat bagi Anda para pembaca. Kalau sempat bisa kasih komentar. Terima kasih.[&i]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar